Rabu, 03 Maret 2010

Menyusui dan Bagaimana Memulainya


Pada saat pertama kali menggendong si buah hati di ruang bersalin, letakkan bibirnya ke payudara Anda. Cairan susu kemungkinan belum keluar, namun payudara Anda sedang memproduksi cairan yang dinamakan colostrum, yang akan membantu melindungi bayi Anda dari infeksi.

Cobalah untuk tidak panik apabila bayi Anda kesulitan menemukan atau menempel ke puting Anda. Menyusui adalah sebuah seni yang membutuhkan kesabaran dan banyak latihan. Tidak ada yang menuntut Anda untuk menjadi ahli pada awalnya, jadi jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada suster untuk menunjukkan bagaimana caranya saat Anda berada di rumah sakit. Apabila bayi Anda lahir prematur, kemungkinan Anda tidak dapat menyusuinya langsung, tapi sebaiknya Anda memulai memompa susu Anda. Bayi Anda akan mengkonsumsi susu ini melalui selang atau botol sampai dia cukup kuat untuk menyusui langsung.

Saat Anda memulainya, ingat bahwa menyusui seharusnya tidak menyakitkan. Perhatikan bagaimana rasanya saat bayi Anda memasukkan puting ke dalam mulutnya. Seharusnya puting dan sebagian besar areola dibawah puting bisa masuk ke dalam mulut si kecil, sehingga puting Anda seharusnya berada jauh di dalam mulutnya. Apabila menyakitkan, lepaskan terlebih dahulu - dengan memasukkan jari kecil Anda diantara gusi bayi dan puting Anda - kemudian coba lagi. Saat proses penempelan ini sudah benar, selanjutnya bayi Anda akan melakukannya sendiri.

**Sumber : Babycenter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar