Senin, 05 Juli 2010

Putusnya Tali Pusar si Kecil


Anda yang baru pertama menjadi ibu mungkin akan panik apabila melihat tali pusar anak terlepas. Mungkin Anda khawatir pusar yang mengering dan terlepas akan melukai si bayi. Apa sebenarnya yang terjadi pada tali pusar bayi?

Ketika tali pusar bayi digunting, bentuknya mirip pipa karet putih yang tergantung dari pusarnya, dengan panjang sekitar 4 cm. Saat si kecil lahir, tali pusar ini dijepit dengan penjepit plastik, dan akan dilepas saat tali pusarnya sudah benar-benar kering. Dalam 7-10 hari berikutnya, tali pusar ini akan mengering, berubah coklat, dan lepas. Terkadang, tali pusar ini akan menjadi lengket, dan walau jarang, sedikit terinfeksi.

Biasanya, ini tidak perlu dikhawatirkan. Anda hanya perlu mengelapnya dengan kapas yang dicelupkan ke air matang yang sudah didinginkan. Tunjukkan pada dokter saat pemeriksaan rutin. Pada kasus yang sangat jarang, si kecil mungkin memerlukan antibiotik.

Saat tali pusarnya mengering, pusar si kecil akan mengalami proses penyembuhan di bawahnya, dan berubah menjadi pusar seperti orang dewasa. Kadang-kadang, kulit di bawah tali pusar akan sangat lembab dan merah muda. Jika ini terjadi, dokter biasanya akan mengobatinya dengan perak nitrat. Hal ini sama sekali tidak berbahaya bagi si buah hati.

Sumber: Ensiklopedia Perkembangan Bayi, oleh Su Laurent dan Peter Reader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar