Rabu, 15 September 2010

Ketika Si Kecil Gemar Menggigit


Tiba-tiba Anda melihat si kecil menggigit lengan temannya, Anda pun mulai panik dan bertanya-tanya, mengapa si kecil yang masih berumur 1-3 tahun seperti itu. Mengapa ia jahat? Tunggu dulu, ketahuilah bahwa menggigit adalah hal yang normal pada perkembangan anak.

Masing-masing anak memiliki alasan yang berbeda untuk menggigit. Ada yang menggigit karena ia merasa gusi gatal yang disebabkan oleh pertumbuhan awal gigi, ada pula yang menggigit karena ingin melihat reaksi dan perhatian orang lain.

Meski ini adalah fase yang umum dan normal, tetap saja perilaku semacam ini bukanlah hal yang bisa dibanggakan oleh orangtua. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab si kecil menggigit.

* Ia dalam kesakitan. Ketika si bayi mulai menggigit, biasanya disebabkan oleh gusi gatal yang baru mau ditumbuhi oleh gigi. Ia menggigit untuk meredakan rasa sakit karena gusi yang membengkak karena terdorong oleh gigi yang mau tumbuh.

* Sedang mengeksplorasi dunia.
Anak yang masih sangat kecil menggunakan mulutnya untuk mengeksplorasi dunia, sama seperti mereka menggunakan tangan-tangan kecilnya. Segala macam hal yang bisa mereka pegang akan mereka coba dengan lidahnya. Di usia ini, anak belum bisa menyuruh dirinya sendiri untuk tidak menggigit hal-hal yang membuatnya tertarik.

* Mencari respons. Bagian dari eksplorasi adalah keingintahuan. Batita bereksperimen untuk melihat reaksi apa yang akan mereka dapatkan. Mereka menggigit teman atau saudaranya untuk mendengar eksklamasi terkejut tanpa menyadari bahwa tindakan tersebut bisa menyakiti orang lain.

* Mencari perhatian. Untuk anak-anak yang sudah agak besar, menggigit adalah sikap nakal yang mereka gunakan untuk mencari perhatian. Ketika anak merasa diasingkan, ia akan mencari cara untuk diperhatikan meski atensinya bersifat negatif, bukan positif.

* Frustrasi. Menggigit, sama seperti memukul, adalah salah satu cara untuk anak mengekspesikan dirinya ketika ia masih terlalu muda untuk mengekspresikan perasaannya lewat kata-kata. Bagi si kecil, gigitan bisa berarti permintaan untuk diberikan mainannya untuk memberitahu pada orangtuanya bahwa ia tak bahagia, atau untuk memberitahu teman sepermainannya bahwa ia sedang ingin sendiri dan tak ingin diganggu.

*sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar