Senin, 08 Februari 2010

Persiapan Sebelum dan Sesudah Melahirkan

Waktu hamil anak pertama, kayanya ribet banget persiapanku sebelum melahirkan. Malah ada yang kasih list/daftar barang yang harus dibeli atau disiapkan. Dan untung juga ada list itu, karena biasanya aku sangat tidak organized, jadi sangat membantu. Yang perlu disiapkan misalnya :

1. Tas untuk ke RS, yang isinya : baju ganti untuk 3 hari (atau tergantung paket melahirkan berapa hari), pembalut (kalau tidak disediakan di RS), baju bayi newborn dan selimut (untuk bawa pulang si kecil), baju ganti buat suami, peralatan mandi (kalau di RS tidak tersedia). Kalau melahirkan anak ke-2 atau seterusnya, ingat juga bawa baju ganti & peralatan lain untuk anak yang ikut menginap di RS.

2. Tempat Tidur untuk Bayi
Aku waktu itu menyiapkan box bayi untuk tidur si kecil. Untuk anak pertama malah terpakai sebentar sekali, karena si kecil sering bangun untuk minta susu, jadi lebih praktis tidur bersama bayi di tempat tidur. Pada saat lahir anak ke-2, box bayi sangat berguna pada 5 bulan pertama. Karena si kakak kalau tidur masih bersama ortu, dan kalau tidur nga bisa diam di satu tempat..jadi lebih aman kalau si adik tidur di box..untungnya si adik anteng, tidak terlalu sering terbangun di malam hari.

3. Kereta Bayi
Aku sangat bersukur kereta bayi yang dipakai anakku yang pertama (Jamie), masih awet sampai sekarang dipakai anak ke-2 (Jonathan). Kereta bayi harganya bisa beragam..dari ratusan ribu sampai jutaan..banyak pilihan tergantung budget dan keperluan :-)
Kereta sangat berguna saat si kecil sudah berusia 2 bulan keatas..karena tentunya kita akan sering ajak dia jalan-jalan ke mall, taman, pantai, dll.

4. Baju Bayi
Biasanya kita akan mendapat banyak sekali kado yang isinya baju bayi. Tapi pastinya kita pengen juga beli beberapa baju bayi sesuai dengan selera kita sendiri. Untuk Jamie, banyak sekali baju yang aku belikan waktu itu..untung adiknya cowo juga, jadi lumayan hemat karena bisa pakai baju bekas kakaknya. Walaupun begitu, kadang tidak tahan kalau melihat ada discount baju bayi, jadi 'terpaksa' dibeli juga :-))

5. Peralatan Mandi
Jangan lupa menyiapkan bak mandi buat bayi, sabun-sabun, minyak telon, baby powder, baby oil, lotion, dll.. dan yang pasti handuknya juga.

Selain 5 hal diatas, banyak yang bisa disiapkan juga seperti baby bouncer, baby swing, mainan, dll..tapi itu semua tergantung budget masing-masing. Buat aku, 5 hal diatas tadi sih sudah cukup..yang penting bayi sehat dan bersih :-)) Good Luck!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar